WOW..!! Selain Indah dan Cantik Bunga Ini Multikhasiat....

 BUNGA KENOP
Gomphrena globosa L 

Tumbuhan ini terdapat di seluruh Indonesia terutama didaerah yang beriklim basah sampai sedang. Biasa tumbuh di halaman rumah atau ladang – ladang di tempat terbuka dengan penyinaran matahari yang cukup. Bisa tumbuh pada ketinggian 1-1.400 m dpl. Tumbuhan ini sampai di Indonesia berasal dari Amerika dan Asia. Berupa perdu yang batangnya hijau kemerahan, berkayu lunak, berambut dan bercabang-cabang tinggi sampai 60 cm. daun bertangkai letak berhadapan, bentuk bundar telur sungsang sampai memanjang ; panjang 5-10 cm, lebar 2-5 cm. ujung meruncing warna hijau dibagian atas dan halus di bagian bawah, warna rambut putih. Bijinya banyak, kecil-kecil panjang.

Bunga kenop disebut Gomphrena globosa L. Termasuk kedalam famili tumbuhan Amaranthaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah kambang puter, adas-adasan dan kembang gundul. Tumbuhan ini bersifat anti batuk, antiasthmatik, anti radang mata. Tumbuhan ini juga memiliki rasa manis dan netral.   

BERBAGAI PENYAKIT DAN CARA PENYEMBUHANNYA :

1)    Asthma bronchial.
Bunga 10 kuntum direbus, ditambah arak kuning, minum secara rutin 3 kali sehari.

2)    Buang air kecil tidak lancer.
Bunga 3-10 gram direbus lalu diminum

3)    Panas pada anak (karena gangguan lever).
Bunga sergar 7-14 kuntum direbus lalu diminum

4)    Disentri
Bunga segar 10 kuntum ditambah arak kuning rebus lalu diminum.

5)    Bronchitis chronis
Sudah dibuat obat suntik, disuntikkan pada titik akupuntur, sepersepuluh penderita timbul rasa kering di tenggorokan setelah mendapatkan suntikan, tetapi hanya untuk sementara.
AWAS KERACUNAN..!!
Keracunan terjadi kearena pemakaian terlalu banyak yang biasanya memiliki gejala rasa kering ditenggorokan. Bila penggunaan ini dihentikan atau dikurangi, maka rasa kering ini akan hilang dengan sendirinya.
CARA BUDIDAYA
Perbanyak tanaman ini menggunakan biji, biji disemaikan dan dalam waktu 3-4 minggu hasil semaian bisa dipindahkan ke lubang tanam yang sudah disediakan. Cara lain : dpt dilakukan dengan stek. Pemeliharaan tanaman ini mudah, seperti pemeliharaan tanaman lain dibutuhkan cukup air dengan peyiraan atau menjaga kelembaban tanah dan pemupukan terutama pupuk dasar.
(dari berbagai sumber)

SEMOGA BERMANFAAT


Komentar

Postingan Populer