Tanaman Ini Dapat Mengatasi Becek Pada Wanita....

CEGUK
Quisqualis Indica L.

Merupakan tumbuhan perdu, merambat atau memanjat, panjang 2-8 meter, tangkai daun muda ditumbuhi rambut halus berwarna coklat kuning. Tanaman yang berasal dari asia tenggara ini tumbuh liar di hutan atau diladang, kadang ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman obat. Bisa tumbuh pada ketinggian 0-600 meter diatas permukaan air laut.

Daun tunggal, letak berhadapan, bertangkai pendek dengan helaian daun bulat telur memanjang sampai jorong, panjang 5-18,5 centimeter, lebar 2,5-9 centimeter, ujung runcing pangkal membulat, tepi rata, tulang daun menyirip, warna daun hijau, bunga tersusun dalam bulir dengan 5 helai mahkota, baunya harum. Buah segilima, ujung pangkal menyempit, rasa seperti kelapa.
KLASIFIKASI
Ceguk disebut Quisqualis indica L. atau Qusqualis ebracteata Beauv termasuk kedalam famili tumbuhan Combretaceae. Tanaman ini dikenal dengan nam daerah wudani, bidani, kacekluk, rhabet besi tikao atau ceguk.

Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, antara lain:
    Buah batang : Potassium quisqualata, lemak jenuh trigonelline dan puridine.
    Kulit buah dan daun : Potassium quisqualata.
    Bunga : Cyanidine monoglycoside.
    Daun dan tangkai : Tanin, saponin, sulfur, calcium, protein, lemak, oxalate, peroksidase.

Tumbuhan ini bersifat : manis, hangat, dan beracun (toksik). Masuk meridiam limpa dan lambung. Sebagai obat cacing, membantunpencernaan dan memperkuat limpa.

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGOBATANNYA

1)    Oxyuriasis (cacing kremi)
Biji digongseng sampai matang, dimakan dengan dikunyah ½ jam sebelum makan. Anak kecil 3-15 biji perhari, untuk 3 kali makan selama 15 hari


2)    Ascariasis (cacing gelang)
Untuk Anak-anak di gerus 3-5 biji, lalu di makan, akar 2 jari direbus dengan 2 cangkir the, tambahkan sedikit gula jawa sampai tersisa 1 cangkir. Minum di pagi hari sebelum sarapan.

3)    Ankylostomiasis (cacing tambang)

Biji ceguk dicuci bersih lalu digiling halus seduh dengan air panas ½ cangkir dan 1 sendok makan madu, diminum hangat kuku sebelum tidur.

4)    Sakit kepala
Daun dilumatkan dan dipakai sebagai tapal di pelipis

5)    Segala penyakit : berat badan kurang, gangguan pencernaan anak, becek pada wanita, perut kembung pada disentri, dan radang ginjal
Gunakan 30-60 gram daun ceguk direbus, saring lalu diminum.

6)    Sakit telinga
Daun dicuci bersih dan ditumbuk dan diperas, air perasannya untuk tetes telinga.

7)    Penyakit jamur dikulit
Buah digiling halus, tambahkan minyak kelapa lalu dibalurkan pada tempat yang sakit.
BUDIDAYA TANAMAN
Perbanyakan tanaman menggunakan biji ataud stek batang. Cara perbanyakan tanaman yang baik yaitu dengan menggunakan stek batang pemeliharaan tanaman ini mudah, seperti tanaman lain dibutuhkan cukup air dengan penyiraman atau menjaga kelembaban tanah dan pemupukan terutama pupuk dasar.
(dari berbagai sumber)

"Tidak ada suatu penyakit yang tak dapat disembuhkan asalkan tetap berusaha dan berdoa "
Semoga Artikel ini Bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer