Bagi Anak Anda Yang Cacingan, Tanaman Indah ini Ternyata Ampuh Untuk Mengobati Cacingan..!!!

BENGLE

KLASIFIKASI

Bengle disebut Zingiber purpureum Roxb. Termasuk ke dalam family tumbuhan Zingiberaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah mugle, bungle, kunyit bolai, panglai, bangalai, kukuniran dan unin pakei. Nama asingnya purple ginger.

Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, antara lain : rimpang : minyak atsiri (sineol, pinen), damar, pati, tannin.

Tanaman ini memiliki sifat : bau khas aromatic, rasa agak pahitndan agak pedas. Sebagai penurun panas (anti piretik), peluruh kentut (karminatif), peluruh dahak (ecpectorant) pembersih darah, pencahar (laksan), obat cacing (vermifuge), anti – icterik.

PENYAKIT YANG BISA DISEMBUHKAN DAN CARA PENGOBATANNYA

1)    Perut mulas
Rimpang bengle, rimpang jahe, kencur dan lempuyang wangi, masing-masing ½ jari tangan dicuci dan diiris tipis-tipis. Rebus dengan 1 gelas air bersih sampai tersisa ½ gelas. Setelah dingin disaring dan diminum.

2)    Sakit kepala karena demam
Rimpang segar secukupnya dicuci bersih lalu diparut. Tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Dipakai sebagai pilis pada dahi.

3)    Gangguan syaraf
Rimpang 2 ibu jari, parut, tambahkan 1 gelas air masak, saring dan minum. Lakukan 2 kali sehari pagi dan sore.

4)    Lemah jantung
Rimpang diparut, tambahkan air masak, saring lalu diminum teratur tiap sore

5)    Sakit kuning
Rimpang bengle ½ jari dicuci bersih lalu diparut. Tambahkan air masak dan madu masing-masing 1 sendok makan. Peras dan saring kemudian diminum. Lakukan 2 kali sehari.

6)    Nyeri sendi (rheumatism)
Rimpang bengle segar secukupnya, cuci bersih lalu diparut, tambahkan arak sampai menjadi seperti bubur encer. Borehkan ke bagian sendi yang sakit.

7)    Mengecilkan perut setelah melahirkan
Rimpang bengle segar secukupnya, cuci bersih lalu di parut borehkan pada perut

8)    Cacingan
Rimpang bengle 3 jari, temu hitam 2 jari, ketumbar 5 biji, dan 5 lembar tangkai daun sirih, kemudian dicuci bersih dan diiris tipis-tipis, lalu ditumbuk hingga halus. Tambahkan ½ cangkir air masak dan di auk hingga merata, lalu diperas, saring dan kemudian diminum.

9)    Radang selaput lendir mata
Rimpang bengle dan kunyit sebesar 1 buku jari tangan dan 13 butir jinten hitam di cuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 1 gelas air bersih sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin disaring lalu diminum.

10)    Kegemukan / mengurangi lemak tubuh
Sepotong rimpang bengle dan 7 embar daun jati belanda dicuci bersih lalu direbus dengan 1½ gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Seletah dingin kemudian disaring dan dibagi menjadi 2 kali minum, pagi dan sore.

11) Demam Masuk Angin
Rimpang segar 15 gram dicuci lalu diparut. Tambahkan ½ cangkir air panas dan 2 sendok makan madu. Aduk merata lkalu diperas dan disaring lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari.
(dari berbagai sumber)

SEMOGA BERMANFAAT


Komentar

Postingan Populer